Langkah Penuh Semangat Naufal Abiyan Basani

Senin, 08 Januari 2024

Naufal Abiyan Basani, yang akrab dipanggil Naufal, saat ini berusia 10 tahun dan merupakan siswa di MI Miftahulhuda Tengaran, Semarang. Selain aktif sebagai pelajar, Naufal juga menekuni dunia olahraga sebagai atlet panahan di National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Semarang, menjadikannya atlet panahan termuda di organisasi tersebut.

Padatnya aktivitas yang dilakukan oleh Naufal memerlukan dukungan dari prosthesis yang nyaman dan aman digunakan. Prosthesis yang digunakannya saat itu sudah mulai terasa tidak nyaman dan lembab. Oleh karena itu, pada bulan April 2023 yang lalu, Naufal berkunjung ke Pusat Rehabilitasi YAKKUM untuk melakukan kontrol dan perbaikan prosthesis yang digunakannya. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis, beberapa tindakan diambil agar prosthesis dapat digunakan kembali dengan kenyamanan yang optimal.

Tim melakukan penggantian penghubung antara kaki yang telah diamputasi (stump) dengan bagian prosthesis (soket). Untuk prosthesis kaki kanan, komponen yang diganti meliputi Tube Pilon RB dan SACH foot dengan ukuran 23cm. Sedangkan untuk prosthesis kaki kiri, komponen yang diganti mencakup SACH foot (23cm), Tube Pilon RB, Adaptor soket, dan soket dengan volume yang lebih besar dari sebelumnya. Dengan serangkaian tindakan tersebut, Naufal kini dapat menggunakan prosthesisnya dengan nyaman. Keberhasilan ini sangat membantu aktivitas berjalan kaki Naufal, terutama selama latihan panahan.

Dukungan dari program ALTSO memiliki peran besar dalam memfasilitasi aktivitas harian Naufal Abiyan Basani. Selain motivasi tinggi yang dimilikinya, prosthesis yang digunakan juga berperan penting dalam membawa Naufal sebagai atlet panahan profesional di masa depan.