Sebotol Kopi di Masa Pandemi

Terimakasih buat kesediaan merawat pasien, maafkan kami yang bandel dan sulit #DirumahSaja , semoga anda selalu diberikan kesehatan. Tuhan memberkati- ucap Regina, salah satu warganet yang mengirimkan pesan lewat media sosial kepada kami. Regina merupakan salah satu diantara lebih dari 400 orang yang mengirimkan pesan dukungan kepada tenaga medis yang berjuang menangani pasien COVID-19. Dalam kampanye ini, kami meminta warganet untuk mengirimkan pesan dukungan yang nantinya akan kami sampaikan kepada tenaga medis lewat sebotol kopi. Pesan tersebut kami tulis satu persatu di dalam botol kopi yang dibuat oleh teman-teman difabel di Cafe Cupable @cupablecoffee.

Selengkapnya

Peran Pusat Rehabilitasi YAKKUM dalam Program Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat

Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) adalah lembaga non-pemerintah yang didirikan pada tanggal 16 November 1982. Visi lembaga kami adalah orang dengan disabilitas terpenuhi hak-hak dasarnya secara holistik dalam masyarakat yang inklusif melalui layanan yang berkualitas, terjangkau dan terintegrasi dalam kerangka SDGs oleh PRY yang mandiri dan bertumbuh. Sejak awal didirikannya, fokus pelayanan kami masih pada penyandang disabilitas fisik dengan menggunakan dua pendekatan guna memastikan terwujudkan visi lembaga bagi pemenuhan hak orang dengan disabilitas yaitu Rehabilitasi Berbasis Institusi dan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat.

Selengkapnya

Kelurahan Siaga Sehat Jiwa

6 Maret 2020 Pusat Rehabilitasi YAKKUM bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Bappeda, dan Dinas Sosial bersama-sama berdiskusi untuk penyusunan Buku Panduan Kelurahan Siaga Sehat Jiwa yang nantinya akan digunakan bagi Pemerintah, Kader, dan pemangku kebijakan lain untuk bisa mendampingi dan memfasilitasi dan mendampingi Orang Dengan Disabilitas Psikososial di Kota Yogyakarta.

Selengkapnya

Program Perlindungan Sosial bagi Difabel di Indonesia: Charity atau berdasarkan HAM [Sebuah perbandingan dari Program Perlindungan Sosial di Australia]

Mendengar kata asuransi, pikiran saya langsung terhubung dengan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan), KIS (Kartu Indonesia Sehat), PBI (Peserta Bantuan Iur) serta sederetan nama-nama perusahaan yang menyediakan jasa asuransi swasta di Indonesia.

Selengkapnya

Taman Curhat : Tempat Berbagi Cerita dan Bercengkerama

Tahukah kamu, data WHO menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang berpotensi mengalami gangguan jiwa dan setiap 40 detik diluar sana ada orang melakukan upaya bunuh diri. Mulailah untuk menyuarakan beban pikiranmu dengan orang terdekat dan mendengarkan mereka yang berkeluh kesah padamu. Untuk itulah kami menyuarakan gerakan untuk berani membagi bebanmu kepada orang lain sebagai salah satu upaya pengurangan angka bunuh diri. Di Kulon Progo, kami membuat Taman Curhat sebagai sarana mengkampanyekan pentingnya berbagi keluh kesah, dan masalah.

Selengkapnya

Nyalakan Api : Music Video

Kami berkolaborasi dengan musisi asal Yogyakarta, Marzuki Mohamad atau yang biasa dikenal sebagai Kill The DJ untuk membuat sebuah video klip yang digunakan untuk kampanye isu inklusi sosial.

Selengkapnya

Barista Inklusif : Brewbagi

Barista, ketika kita mendengar kata tersebut, yang ada di pikiran kita pasti merujuk ke cafe, kopi, dan latte artnya yang instagrammable untuk diabadikan dengan smartphone kita masing-masing. Selain itu, bagi sebagian anak muda, banyak dari mereka yang menganggap Barista itu keren, cool, dan merupakan salah satu profesi yang bergengsi saat ini.

Selengkapnya

Gerakan Inklusi bagi Orang Dengan Disabilitas Psikososial dari Kelurahan hingga Kotamadya

Pemerintah Kota Yogyakarta mengesahkan Peraturan Walikota tentang Rencana Aksi Daerah Upaya Kesehatan Jiwa dan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif untuk periode tahun 2018 – 2022. Perwal ini merupakan bukti dukungan dari pemerintah kota Yogyakarta untuk pelindungan bagi orang dengan disabilitas mental terutama Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP)

Selengkapnya

Pemerintah di Wilayah Program Peduli Pilar Disabilitas Rumuskan Kesepakatan Pembangunan Inklusif

Pada tanggal 23 Oktober 2018, kami mengadakan dialog tata kelola pembangunan kabupaten/kota inklusif sebagai salah satu acara yang merupakan rangkaian acara Temu Inklusi yang diselenggarakan oleh Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) yang dihadiri oleh perwakilan dari 10 Pemerintah Kabupaten/Kota yang berada didalam wilayah kerja Program Peduli pilar disabilitas.

Selengkapnya

Laporan Tahun 2017 Pusat Rehabilitasi YAKKUM

Catatan karya Pusat Rehabilitasi YAKKUM d tahun 2017, kami haturkan dalam bentuk Laporan Tahunan ini ke hadapan Bapak dan Ibu semua baik sebagai atasan kami, sebagai masyarakat dan kelompok yang berkarya bersama dalam pelayanan di lapangan, sebagai mitra yang mendukung karya kami maupun sebagai kolaborator yang berjalan bersama kami di jaringan untuk menghasilkan perubahan yang kita cita-citakan bersama.

Selengkapnya

Mitra Kami