Hydrotherapy

Salah satu penanganan fisioterapi pada kondisi Cerebral palsy (CP) adalah dengan Hidrotherapy. Hydrotherapy adalah metode terapi dengan media air. Hydrotherapy memungkinkan bagi hampir semua orang karena tidak ada gravitasi di dalam air. Hal ini membuat mereka yang memiliki keterbatasan fisik mudah bergerak. Hydrotherapy bermanfaat untuk semua anak dengan kondisi Cerebral Palsy, baik bagi tipe Cerebral Palsy maupun tipe ketegangan otot rendah,sedang maupun tinggi. Anak-anak dengan CP dapat lebih rileks di air dan dapat dengan mudah menggerakkan lengan dan kaki karena tidak ada gravitasi. Apapun tipe CP dan seberapa tinggi tingkat kecacatannya, mereka semua bisa dilatih berenang sesuai dengan kondisinya. Bahkan anak-anak dengan tingkat kognitif rendah mendapatkan lebih banyak manfaat dari terapi air ini.

Untuk bergerak dan mengapung di air anak membutuhkan kontrol kepala,semua anggota gerak atas-bawah dan stabilitas inti (badan). Dalam posisi tengkurap mereka harus mengangkat kepala mereka, kalau tidak wajah akan terbenam dalam air. Ketika kontrol kepala atau stabilitas inti terlalu lemah maka terapis atau orang tua dapat membantu mereka. Kedua kontrol tersebut adalah dasar-dasar untuk  dapat bergerak mengambang di air. Untuk anak Cerebral Palsy hal ini sangat penting karena sebagian besar mereka mengalami kelemahan tersebut. Sementara kontrol kepala dan stabilitas inti sangat diperlukan terutama untuk dapat melakukan aktivitas hidup sehari-hari.

Pusat Rehabilitasi YAKKUM membuka layanan Hydrotherapy tidak hanya pada kelayan tetapi juga kepada pasien umum. Selain anak dengan Cerebral Palsy Hydrotherapy juga akan sangat bermnafaat bagi orang dengan kondisi Stroke. Fasilitas yang diberikan berupa kolam renang dan petugas Fisioterapi yang akan siap membantu pasien yang datang.